Laman

Senin, 06 Desember 2010

Pemilik Hari Kiamat & Tujuan Ibadah

Tafsir Surat Al-fatihah: 4-5.

Allah berfirman :" Yang memiliki Hari Pembalasan ( surat al-fatihah:4).

Allah subhanahu wata'ala sajalah yang memiliki hari kiamat, yang saat itu dibalas mahluk atas yang telah mereka amalkan didunia. Dalam seluruh rakaat shalat maka seorang muslim membaca ayat ini yang terus mengingatkan tentang akan terjadinya hari kiamat, sehingga memotivasi untuk terus beramal shalih dan giat dalam hal itu, dan meninggalkan segala mcam bentuk dosa-dosa, kemaksiatan dan keburukan.

Allah berfirman :" Hanya untuk-Mu kami menyembah, dan hanya untuk-Mu kami mohon ditolong ( surat al-fatihah:4).

Sesungguhnya kami mengkhususkan hanya untuk Engkau (Allah) semata dalam beribadah, dan dalam seluruh urusan kami maka kami memohon untuk ditolong, karena tidak ada yang memiliki segala urusan walalu seberat dzarah (atom) kecuali Allah semata, dan dalam ayat ini adalah dalil bahwa seluruh ibadah hanya boleh untuk Allah semata tidak boleh untuk selain-Nya, diantaranya berdoa, beristghotsah, menyembelih, thawaf, serta didalam ibadah maka harius terbebas dari riya' beribadah hanya ingin dilihat manusia , ujub dan merasa sombong dengan diri sendiri.

(referensi : at-tafsir al-muyasar, biisyraf shalih bin 'abdul aziz alu syaikh, almadinah almunawarah, diterbitkan : majmu' malik fahd litaba'ati almushaf assyarif, tahun : 1423H/2009M, Hal 1)

Abdullah.
ا بو مو سى

http://nasehat-muslim.blogspot.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar