Laman

Senin, 06 Desember 2010

Tentang "Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahirrabil'alamin (al-fatihah :1-2)"

Dinamakan al-fatihah, karena membuka alqur'an al'adhim, dinamakan juga almatsani karena dibaca dalam raka'at shalat.

Memulai membaca alqur'an dengan (bismillah) yaitu meminta tolong hanya bagi Allah, (Allah) bahwa Allah rabb tabaraka wata'ala yang disembah hanya Allah tidak ada selainNya, dan tidak ada selain Allah yang dinamai Allah.

(Arrahman) yang memiliki kasih sayang yang luas untuk seluruh mahluknya, sedangkan (ar-rahim) kasih sayang hanya untuk orang mukmin, keduanya adalah nama Allah ta'ala, yang mengandung sifat rahmah atau kasih sayang sebagaimana keagunganNya.

(Alhamdulillahirabil'alamin) Memuji atas Allah dengan sifatNya seluruhnya sifat baik, nikmatNya secara dzahir dan bathin bagi manusia, didunia dan akhirat, sehingga manusia hamba Allah seharusnya memujiNya, dan hanya Allah yang berhak, Allah yang telah membuat manusia, yang mengatur urusan manusia dan seluruh mahluk, dan memberikan kenikmatan bagi yang salih untuk beriman dan beramal shalih.

(referensi : at-tafsir al-muyasar, biisyraf shalih bin 'abdul aziz alu syaikh, almadinah almunawarah, diterbitkan : majmu' malik fahd litaba'ati almushaf assyarif, tahun : 1423H/2009M, Hal 1)


Abdullah.
ا بو مو سى
www.nasehat-muslim.blogsot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar