Laman

Sabtu, 22 Juni 2013

Bid'ah Malam Nisfu Sya'ban













Nasehat Muslim

Pertanyaan
 
Di daerah kami masjid-masjid mengadakan acara berkumpul bersama pada malam 15 bulan sya'ban dan mereka membaca surat yaasin sebanyak tiga kali dan maulid?

   
Jawab
 
Ini adalah bid'ah karena amalan yang tidak pernah diajarkan dalam alqur'an dan hadist..
Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wassalam bersabda, artinya, barangsiapa yang mengadakan ibadah yang tidak pernah diajarkan dalam urusan agama kami yang tidak ada petunjuk darinya maka hal itu tertolak (HR. Al-bukhari)

 Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda, artinya, jauhkanlah diri kalian dari perkara yang baru dalam urusan ibadah, karena setiap urusan ibadah yang baru yang tidak pernah diajarkan adalah bid'ah, dan tiap bid'ah adalah kesesatan (HR. Abu daud)

Dan perkara ibadah dibangun diatas Alqur'an dan assunnah.

Dan adapun apa yang diceritakan oleh penanya maka amal itu tidak pernah dituntunkan oleh Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wassalam, juga tidak pernah dilakukan khulaurrasyidin, para shahabat serta tabi'in.

Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda, artinya, barangsiapa yang melakukan amalan ibadah yang tidak ada ajarannya dari kami maka hal itu tertolak (HR. Muslim)

Dan amalan seperti yang disebutkan oleh penanya maka itu tidak pernah diperintahkan Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam sehingga wajib mengingkarinya. 






Lihat Fatwa Syaikh Bin Baz Arab Saudi : http://www.alifta.com/Fatawa/FatawaChapters.aspx?View=Page&PageID=16&PageNo=1&BookID=12







Nasehat Muslim
www.
nasehat-muslim.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar