Laman

Kamis, 05 September 2013

Penjelasan Prof.Dr.Khalid Almuslih tentang Malaikat






















Nasehat Muslim 

Pertanyaan

لاشك أن الإنسان حينما يكون في مجلس ذكر تنزل عليه السكينة وتغشاه الرحمة ويذكره الله فيمن عنده, وأن هناك ملائكة تحضر هذا الذكر. ولكن السؤال إذا كان في المجلس صورة هل تحضر الملائكة؟

Tidak diragukan lagi bahwa saat berada dalam majlis dzikir (majlis yang mengkaji alqur'an dan assunnah) maka akan turun ketenangan dan kasih sayang serta Allah akan membanggakan mereka, dalam hal ini malaikat akan turun, akan tetapi pertanyaannya jika didalam majlis itu ada gambar (mahluk hidup) apa malaikat akan turun?


Jawab


الحمد لله، وصلى الله وسلم وبارك على رسول الله، وعلى آله وصحبه.

أما بعد.


Alhamdulillah washallallahu wassalam wa barik 'ala Rasulillah, wa'ala alihi wa shahbihi amma ba'du,


إذا كانت الصور مما لا يجوز تصويره ولا اتخاذه فإن وجودها يمنع دخول الملائكة لما في البخاري (3322) ومسلم (2106) من 

حديث أبي طلحة رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: لا تدخل الملائكة بيتاً فيه كلب ولا صورة. وقد جاء في صحيح مسلم (2107) عن عائشة رضي الله عنها أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: ((إن البيت الذي فيه الصور لا تدخله الملائكة


Apabila gambar itu merupakan gambar (mahluk hidup) yang tidak boleh fotografinya serta tidak boleh pengambilan gambarnya maka malaikat tertolak untuk masuk dalam tempat itu  sebagaimana dalam hadist shahih Albukhari (No.3322) dan Muslim (2106) dalm hadistriwayat Abu thalhah radhiallahu 'anhu bahwa Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wassalam bersabda malaikat tidak akan masuk pada rumah yang terdapat anjing dan gambar (mahluk hidup), dan juga dalam shahih Muslim (2107) dari 'Aisyah radhiallahu anha bahwa Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wassalam bersabda sesungguhnya rumah yang didalamnya ada gambar maka malaikat tidak masuk

 وقد قال أهل العلم: المراد بالملائكة الذين ينزلون بالرحمة والبركة لا الحفظة ولا الموكلون بقبض الأرواح فلا يفارقون بني آدم في حال ويدخلون كل بيت , والله أعلم .

Dan ulama berkata bahwa yang dimaksud (malaikat yang tidak masuk dalam rumah yang ada anjing dan gambar) adalah malaikat yang turun dengan rahmah dan barakah, bukan malaikat pengawas dan juga bukan malaikat pencabut arwah yang turun pada semua manusia pada semua keadaan dan pada semua rumah, wallahu a'lam.

Fatwa Syaikh Prof.Dr.Khalid Al-muslih (menantu Syaikh Al-utsaimin):








Nasehat Muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar