Laman

Kamis, 05 Januari 2017

Berdoa untuk Kebaikan Dunia Akhirat

Hasil gambar untuk muslimah.or.id



Nasehat Muslim

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - قَالَ: «كَانَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - يَقُولُ: اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لِي دِينِي الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي، وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الَّتِي فِيهَا مَعَاشِي، وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الَّتِي إلَيْهَا مَعَادِي، وَاجْعَلْ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ، وَاجْعَلْ الْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ» أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ.

1463. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu berkata, "RasulullahShallallahu Alaihi zoa Sallam pernah membaca doa, "Ya Allah, tolonglah aku dalam menjalankan agama yang merupakan pelindung segala urusanku. Elokkanlah urusan duniaku yang merupakan tempat aku mencari kehidupan. Baguskanlah urusan akhiratku yang menjadi tempat aku kembali. Jadikanlah kehidupanku ini sebagai tambahan segala kebaikan bagiku dan jadikanlah kematianku sebagai ketenangan bagiku dari segala kejahatan." (HR. Muslim)

[shahih, Muslim (2720)]
ـــــــــــــــــــــــــــــ
[سبل السلام]
Tafsir Hadits
Hadits ini mengandung doa untuk memohon kebaikan dunia dan akhirat, dan doa ini tidak dapat dijadikan dalil bolehnya berdoa meminta kematian. Akan tetapi, isinya adalah permohonan agar kematian yang akan dialaminya sebagai pelepas dari kejahatan dunia dan buruknya siksa kubur. Karena doa tersebut dalam bentuk umum. Yakni dari semua kejahatan sebelum kematian atau sesudah kematian.

Lihat: 
Subulussalam Syarah Bulughul Maram
[سبل السلام]








Nasehat Muslim : 
www.nasehat-muslim.blogpsot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar