Laman

Kamis, 05 Januari 2017

Berdoa Agar Diberi Tambahan Ilmu Agama Islam

Hasil gambar untuk muslimah.or.id



Nasehat Muslim

وَعَنْ أَنَسٍ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - قَالَ: «كَانَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - يَقُولُ: اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتنِي، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي، وَارْزُقْنِي عِلْمًا يَنْفَعُنِي» رَوَاهُ النَّسَائِيّ وَالْحَاكِمُ

1464.   Dari Anas Radhiyallahu Anhu berkata, "Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah membaca doa, "Ya Allah berilah manfaat kepadaku atas ilmu yang telah Engkau ajarkan, ajarkan kepadaku ilmu yang bermanfaat bagi diriku dan anugerahkanlah aku ilmu yang dapat bermanfaat untuk diriku." (HR. An-Nasa'i dan Al-Hakim)

وَلِلتِّرْمِذِيِّ مِنْ حَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - نَحْوُهُ، وَقَالَ فِي آخِرِهِ: «وَزِدْنِي عِلْمًا، الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ، وَأَعُوذُ بِاَللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ» وَإِسْنَادُهُ حَسَنٌ

1465. Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dari hadits Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu dengan lafazh yang sama. Pada akhir hadits itu tercantum lafazh, "... tambahkanlah ilmu kepadaku, segala puji bagi Allah atas segala keadaan dan aku berlindung kepada Allah dari keadaan penduduk neraka." (Sanadnya hasan)
[Shahih: At Tirmidzi 3599]
ـــــــــــــــــــــــــــــ
[سبل السلام]
Tafsir Hadits

Hadits ini menunjukkan bahwa semua jenis ilmu tidak perlu untuk diminta, kecuali ilmu-ilmu yang bermanfaat saja. Maksud bermanfaat di sini adalah bermanfaat untuk agama dan bermanfaat untuk dunia yang juga berfungsi untuk memperkuat agama. Selain dari itu, maka ilmu tersebut termasuk kategori firman Allah Ta'ala-.
{وَيَتَعَلَّمُونَ مَا يَضُرُّهُمْ وَلا يَنْفَعُهُمْ}
"Dan mereka mempelajari sesuatu yang tidak memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat." (QS. Al-Baqarah: 102)

Yakni tidak bermanfaat untuk agama, karena Islam menampik segala bentuk manfaat yang dianggap ada pada ilmu sihir. Oleh karena itu, Allah Ta'ala menyatakan bahwa ilmu sihir adalah ilmu yang tidak bermanfaat karena ilmu tersebut tidak mendatangkan manfaat untuk hari akhirat. Di samping itu, ilmu sihir dapat merusak dunia seseorang. Bisa jadi mereka merasa bahwa hal itu bermanfat, namun di sisi Allah termasuk ilmu yang tidak bermanfaat.

Lihat: 
Subulussalam Syarah Bulughul Maram
[سبل السلام]








Nasehat Muslim : 
www.nasehat-muslim.blogpsot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar