Laman

Kamis, 18 April 2019

Meminta Kebaikan pada Allah

Hasil gambar untuk muslim.or.id dusta


Nasehat Muslim


وَعَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - عَلَّمَهَا هَذَا الدُّعَاءَ «اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُك مِنْ الْخَيْرِ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ، مَا عَلِمْت مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ، وَأَعُوذُ بِك مِنْ الشَّرِّ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ، مَا عَلِمْت مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُك مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَك عَبْدُك وَنَبِيُّك، وَأَعُوذُ بِك مِنْ شَرِّ مَا عَاذَ مِنْهُ عَبْدُك وَنَبِيُّك اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُك الْجَنَّةَ، وَمَا قَرَّبَ إلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ، وَأَعُوذُ بِك مِنْ النَّارِ، وَمَا قَرَّبَ إلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ، وَأَسْأَلُك أَنْ تَجْعَلَ كُلَّ قَضَاءٍ قَضَيْته لِي خَيْرًا» أَخْرَجَهُ ابْنُ مَاجَهْ، وَصَحَّحَهُ ابْنُ حِبَّانَ وَالْحَاكِمُ.
1466. Dari Aisyah Radhiyallahu Anha bahwasanya Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah mengajarkannya doa berikut, "Ya Allah, aku memohon kepadaku seluruh kebaikan, baik yang cepat maupun yang lambat, yang aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari semua kejahatan baik yang cepat maupun yang lambat, yang aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui. Yaa Allah, aku mohon kebaikan dari-Mu yang pernah dimohonkan oleh hamba-Mu dan Nabi-Mu. Dan aku berlindung kepada-Mu dari semua kejelekan yang hamba dan Nabi-Mu pernah memohon perlindungan dari-Mu dari kejelekan tersebut. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu anugerah surga dan apa saja yang dapat mendekatkan diriku ke surga, baik berupa perkataan maupun perbuatan. Dan aku, meminta perlindungan kepada-Mu dari siksa neraka dan segala perkara yang dapat menjerumuskanku ke dalam neraka, baik berupa perkataan maupun perbuatan. 'Dan aku juga memohon agar takdirku yang telah Engkau tetapkan semuanya baik untuk diriku." (HR. Ibnu Majah dan shahih Ibnu Hibban)
[Shahih: Shahih Al Jami' 1276]
ـــــــــــــــــــــــــــــ
[سبل السلام]
Tafsir Hadits
Hadits ini mencantumkan doa untuk memohon kepentingan dunia dan akhirat, memohon perlindungan dari kejahatan dunia dan akhirat, memohon surga dan amalan yang memasukkan seseorang ke dalam surga serta permohonan semoga Allah menetapkan untuknya taqdir yang baik. Sepertinya maksud permohonan ini: seorang hamba harus yakin bahwa segala yang menimpa dirinya itu pasti baik untuknya. Sebab semua yang telah ditetapkan untuk para hamba itu pastilah baik, walaupun menurut si hamba hal itu tidak baik.
Hadits ini juga menganjurkan agar setiap hamba mengajarkan bacaan-bacaan doa yang baik kepada keluarganya. Sebab segala kebaikan yang ia dapatkan itu berasal dari-Nya dan semua kejelekan yang menimpa dirinya itu dikarenakan ulah dirinya juga.

[سبل السلام]
Subulus Salam
Syarah Bulughul Maram




nasehat-muslim blogpsot co id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar