Laman

Selasa, 30 November 2010

Bukan Jalan Orang yang Dimurkai

Allah berfirman, “ yaitu jalan orang yang Engkau beri nikmat, bukan jalan orang yang Engkau murkai (al-magdhub) dan bukan jalan orang yang sesat (adh-dhaalin)”. (Surat Al-fatihah:7)

Allah subhanahu wata’ala berfirman, “Bukan jalan mereka yang dimurkai” (surat al-fatihah:7)

Imam Al-baghwai rahimahullah menjelaskan adapun orang dimurkai yaitu yang Allah murkai atas mereka dengan kemurkaan yaitu yahudi, sebagaimana firman Allah ta’ala, “Katakanlah (Muhammad) apakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang yang lebih buruk pembalasannya dari (orang fasik) disisi Allah? yaitu, orang yang dilaknat dan dimurkai Allah, diantara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi dan (orang yang) menyembah thagut, mereka itu lebih buruk tempatnnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus. (surat al-maidah:60).

(lihat: tafsir al-baghawi, imam Muhammad Husain bin mas’ud al-baghawi, dar at-thayibbah, juz 1, Riyadh, Saudi Arabia)

Syaikh muhammad bin shalih al-utsaimin rahimahullah menjelaskan firman Allah subhanahu wata’ala, “Bukan orang yang dimurkai” (al-fatihah :7) yaitu yahudi dan tiap orang yang mengetahui kebenaran akan tetapi tidak mau beriman dengannya.

(lihat: tafsir alqur’an alkarim, Muhammad bin shalih al-utsaimin, dar ibnu jauzi, jilid I, hal 17)

Asy-syaikh mustafa adawi hafidhahullah menyebutkan mereka yang dimurkai adalah mereka yang buruk keinginan mereka karena mereka telah mengetahui kebenaran akan tetapi mereka menolaknya dan bahkan menyimpang.

(lihat: shahih tafsir ibnu katsir, Mustafa bin al-‘adawi, dar ibnu rajab, jilid I, hal 29)


abu musa

www.nasehat-muslim.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar