Laman

Minggu, 05 Mei 2019

Berdoa kepada Allah Ta'ala

Hasil gambar untuk muslimah.or.id puasa



Nasehat Muslim

وَعَنْ بُرَيْدَةَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - قَالَ: «سَمِعَ النَّبِيُّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - رَجُلًا يَقُولُ: اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُك بِأَنِّي أَشْهَدُ أَنَّك أَنْتَ اللَّهُ لَا إلَهَ إلَّا أَنْتَ، الْأَحَدُ الصَّمَدُ، الَّذِي لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: لَقَدْ سَأَلَ اللَّهَ بِاسْمِهِ الَّذِي إذَا سُئِلَ بِهِ أَعْطَى وَإِذَا دُعِيَ بِهِ أَجَابَ» أَخْرَجَهُ الْأَرْبَعَةُ، وَصَحَّحَهُ ابْنُ حِبَّانَ.

1459. Dari Buraidah Radhiyallahu Anhu berkata, "Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam mendengar seorang lelaki berdoa, "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu bahwasanya aku bersaksi Engkau adalah Allah yang tiada ilah yang berhak disembah selain Engkau. Yang Maha Esa dan yang bergantung kepada-Nya segala urusan. Yang tidak beranak dan tidak diperanakkan. Dan tiada sesuatupun yang setara dengan-Nya." Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Sungguh ia telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya yang apabila Dia diminta dengan menyebutnya pasti Dia penuhi. Dan apabila berdoa dengan menyebutnya pasti Dia kabulkan." (HR. Al-Arba'ah dishahihkan oleh Ibnu Hibban)
[Shahih: Abu Daud 1493, 1494]
ـــــــــــــــــــــــــــــ
[سبل السلام]
Tafsir Hadits
Al-Ahad (Maha Esa) adalah sifat. yang sempurna karena sifat Esa yang hakiki ialah dzat yang tidak berbilang dan tidak terbentuk dari beberapa unsur serta sifat-sifat yang berkaitan dengan keduanya, seperti sifat jismiyah atau bentuk yang terdiri dari beberapa partial. Sifat-sifat yang ada pada Dzat Allah yang khusus seperti: waajibul wujud (dzat yang kekal adanya), kekuasaan yang ada pada Dzat dan hikmah yang muncul dari Dzat uluhiyah.

Ash-shamad artinya pemimpin yang dijadikan tumpuan kebutuhan atau tempat bergantung. Yang pantas mendapatkan sifat ini adalah dzat yang mutlak, yang tidak butuh kepada yang lain dan sebaliknya merekalah yang bergantung dan membutuhkan dzat tersebut. Tidak ada yang layak menyandang sifat ini kecuali Allah Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi.

Sabda beliau, "Tidak beranak," artinya tidak ada yang sejenis dengan-Nya, tidak butuh terhadap pembantu ataupun wakil yang akan menggantikan-Nya. Karena itu semua termasuk kebutuhan dan termasuk perkara yang fana. Ini merupakan bantahan terhadap orang yangmengatakan bahwa malaikat adalah putri-putri Allah, dan bantahan terhadap orang yang berkata, '"Uzair anak Allah dan Al-Masih itu anak Allah."

Sabda beliau, "tidak diperanakkan," karena didahului sifat ketidakadaan. Jika kamu katakan: sebagaimana yang telah diketahui seseorang lebih dahulu menempati posisi sebagai anak baru kemudian akan menempati posisi sebagai arang tua. Oleh karena itu, seharusnya dikatakan: tidak diperanakkan dan tidak beranak. Saya (Ash-Shan'ani) katakan, "Maksud utama dari ayat tersebut adalahpenafian bahwa Allah itu tidak punya anak sebagaimana yang diyakini oleh kelompok batil, padahal tidak seorangpun yang mengatakan bahwa Allah itu seorang anak. Jadi, posisi kalimat tersebut untuk mendahulukan penafian. Jika  kita tanyakan, "Lantas mengapa Allah dikatakan tidak diperanakkan, padahal tidak ada seorang pun yang mengatakan demikian?"
Saya katakan, "Sebagai penyempurna ke-Mahaesa-an Allah dan menunjukkan bahwa sifat-Nya tidak serupa dengan sifat makhluk serta sebagai pembuktian atas firman-Nya bahwa tidak ada satu pun yang setara dengan-Nya.

Al-kufw artinya persamaan. Yakni tidak ada satu sifat makhluk pun yang sama dengan sifat Allah yang Maha sempurna dan Ketinggian Dzat-Nya.
Hadits ini menunjukkan bahwa seorang muslim harus antusias dalam mengucapkan kalimat-kalimat ini di dalam doanya. Sebab, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam telah mengabarkan bagi yang meminta dengan mengucapkan kalimat ini, pasti akan diberi. Jika berdoa, pasti akan dikabulkan.

As-suaal artinya meminta untuk suatu keperluan. Dan doa lebih umum daripada suaal. Hal ini termasuk dalam bab meng'athafkan sesuatu yang sifatnya umum kepada sesuatu yang sifatnya lebih khusus.

[سبل السلام]
Subulus Salam, Syarah Bulughul Maram





nasehat-muslim blogpsot co id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar