Laman

Sabtu, 11 Mei 2019

Berlindung kepada Allah dari kehilangan nikmat-Nya

Image result for muslim.or.id nikmat


Nasehat Muslim

وَعَنْ ابْنِ عُمَرَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا - قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - يَقُولُ: «اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِك، وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِك، وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِك، وَجَمِيعِ سَخَطِك» أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ.
1457. Dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu Anhuma berkata, "Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam sering membaca doa, "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kehilangan nikmat-Mu, dari berpindahnya keafiatan-Mu, dari kedatangan azab-Mu yang tiba-tiba dan dari seluruh kemurkaan-Mu." (HR. Muslim)
[shahih, Muslim (2739)]
ـــــــــــــــــــــــــــــ
[سبل السلام]
Penjelasan Kalimat
"Dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu Anhuma berkata, "Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam sering membaca doa: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kehilangan nikmat-Mu, dari berpindahnya keafiatan-Mu, dari kedatangan azab-Mu yang tiba-tiba dan dari seluruh kemurkaan-Mu."
Al-Fujaa'ah artinya tiba-tiba atau serta-merta. Allah tidak akan menghilangkan nikmat yang ada pada seorang hamba, kecuali dikarenakan dosa yang ia dilakukan. Makna hakiki dari mohon perlindungan kepada Allah dari dosa adalah seakan-akan beliau mengucapkan: aku berlindung kepada-Mu dari keburukan diri kami dan kejelekan amalan kami. Hal ini sebagai pengajaran untuk semua hamba. Kebajikan tidak akan pupus dari seorang hamba, kecuali jika ia melakukan perbuatan yang berlawanan dengan kebajikan tersebut.

[سبل السلام]

Subulus Salam, Syarah Bulughul Maram






nasehat-muslim blogpsot co id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar