Laman

Minggu, 19 Mei 2019

Memohon Keselamatan Agama, Dunia, Keluarga dan Harta

Image result for muslimah.or.id



Nasehat Muslim

وَعَنْ ابْنِ عُمَرَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا - قَالَ: لَمْ يَكُنْ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - يَدْعُ هَؤُلَاءِ الْكَلِمَاتِ حِينَ يُمْسِي، وَحِينَ يُصْبِحُ «اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُك الْعَافِيَةَ فِي دِينِي، وَدُنْيَايَ، وَأَهْلِي وَمَالِي. اللَّهُمَّ اُسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنِ رَوْعَاتِي، وَاحْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِك أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي» أَخْرَجَهُ النَّسَائِيّ وَابْنُ مَاجَهْ، وَصَحَّحَهُ الْحَاكِمُ.

1456. Dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu Anhuma berkata, "Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam selalu membaca doa-doa ini pada waktu pagi dan sore hari, "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah tutupilah auratku dan berilah ketentraman dari rasa takut dalam hatiku. Ya Allah peliharalah aku dari muka, belakang, kanan, kiri, dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak ditenggelamkan ke dalam bumi." (HR. An-Nasa'i dan Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Al-Hakim, Shahih: Abu Daud 5074)
ـــــــــــــــــــــــــــــ
[سبل السلام]

Tafsir Hadits
Kebajikan dalam perihal agama dan keselamatan dari perbuatan maksiat bid'ah, meninggalkan apa yang diwajibkan, menganggap remeh amalan ketaatan, selamat dari dunia, kejahatan dan musibah dunia. Keselamatan pada keluarga, yaitu selamat dari buruknya pergaulan, selamat dari berbagai penyakit, dan menyibukkan mereka untuk meraih kemegahan dunia. Keselamatan pada harta adalah selamat dari kerusakan yang ditimbulkan oleh harta tersebut.
Menutup aurat yang dimaksud adalah menutup aurat secara umum, baik aurat badan, agama, keluarga, dunia dan akhirat."Berilah ketentraman dari rasa takut," kata rau 'at berasal dari kata rau 'ah artinya perasaan takut. Kemudian beliau meminta perlindungan dari segala arah, karena seorang hamba akan berhadapan dengan musuhnya yang terdiri dari setan jin dan manusia, seperti seekor kambing di antara sekelompok serigala. Seandainya tidak karena perlindungan dan kekuatan dari Allah, niscaya ia tidak akan selamat.

[سبل السلام]
Subulus Salam, Syarah Bulughul Maram






nasehat-muslim blogpsot co id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar