Laman

Sabtu, 27 Juli 2013

Cara Menunaikan Zakat Mal (Harta)




Nasehat Muslim

Pertanyaan
      


س : متى تجب الزكاة ؟ وما وقت وجوبها ؟ ومن هم مستحقوها ؟ 

Kapan wajib zakat mal (harta)? dan kapan waktu penunaian wajibnya? dan siapa yang berhak mendapatkan zakat mal?


Jawab
ج : تجب زكاة الأموال إذا ملـك المسلم نصابا وحـال عليه الحول ، وكان المالك حرا . ومقدار النصـاب عشرون مثقـالا بالنسبة للذهب ، وهو ما يقارب اثنين وتسعين جرامـا ، ومن الفضة مائتـا درهم ، وهو مـا يقارب ستة وخمسين ريالا سعوديا ، فمتى ملك النصاب وتمت السنة من ملكه له وجبت الزكاة ، وهـي ربـع العشر . ففي مائة ريـال مثلا ريالان ونصف ، وفي الألف خمسة وعشرون ريالا ، وهكذا . 
Wajib zakat mal manakala seorang muslim telah memiliki harta sebesar nishab dan sesuai haulnya, dan dia orang merdeka bukan budak, dan ukuran nishab emas sebesar 20 mitscal yaitu sekitar 92 gram emas, adapun perak sebesar 200 dirham sekitar 56 riyal saudi (595 gram perak), dan barangsiapa yang telah mempunyai hartanya sampai nishab dan harta itu telah disimpan selama satu tahun maka wajib menunaikan kewajiban zakat harta sebesar 2,5%

 وقت وجوبها : حسب ملـك النصاب ، فإن ملكه في محرم وجب في مقابله مـن العام المقبل ، وهكذا ، وليس وجـوب الزكـاة مربوطا برمضان ، وإنما المسـلمون يتحرون إخراج زكـاة أمولهم في رمضان لمضاعفة الأجـر فيه ، ومن تم حول زكاته في غـير رمضان وجب إخراجها ، ولا يؤخرها إلى رمضان ، وإن عجلها قبل تمام السنة ليوافق رمضان فلا بأس به إن شاء الله . 

Dan waktu kewajibannya ketika memiliki harta sebesar nishab,  dan kewajiban zakat mal ini tidak terkait dengan bulan ramadhan saja, dan bagi muslim yang telah sempurna kewajiban penunaian zakat mal sebelum ramadhan maka wajib melaksanakannya pada waktu itu dan tidak perlu menunggu bulan ramadhan.  

Adapun yang berhak menerima zakat yaitu sesuai dengan firman Allah ta'ala, artinya, "Sesungguhnya shadaqah (zakat mal) itu untuk fakir, miskin, amil, mualaf yang dilembutkan hatinya, memerdekakan budak, orang yang terlilit hutang, dalam sabilillah, dan ibnu sabil, sebagai kewajiban dari Allah, dan Allah Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana" (QS. Attaubah:60)

Lihat :  Fatwa Lajnah Daimah : http://www.alifta.com/Fatawa/FatawaChapters.aspx?languagename=ar&View=Page&PageID=37&PageNo=1&BookID=12







Nasehat Muslim
 http://www.nasehat-muslim.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar