Laman

Rabu, 09 Desember 2020

Manusia Bertanggung jawab atas Perbuatannya

Katakanlah: "Kamu tidak akan ditanya (bertanggung jawab) tentang dosa yang kami perbuat dan kami tidak akan ditanya (pula) tentang apa yang kamu perbuat". 

(Surat Saba Ayat 25)

Katakanlah, “Kalian tidak bertanggung jawab atas dosa-dosa kami dan kami juga tidak bertanggung jawab atas perbuatan-perbuatan kalian, karena kami berlepasdiri dari kalian dan kekufuran kalian.” 
Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia 25. 

Katakanlah kepada mereka -wahai Rasul-, “Kalian tidak ditanya tentang dosa-dosa yang kami lakukan, kami juga tidak ditanya tentang apa yang kalian perbuat.” 
 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram) 25-26.

 Katakanlah kepada orang-orang musyrik: “Kalian tidak akan ditanya tentang perbuatan dan dosa kami, dan kami juga tidak akan ditanya tentang perbuatan kalian; sebab setiap manusia akan ditanya tentang dirinya sendiri dan amalannya.” Katakanlah kepada mereka: “Tuhan kami akan mengumpulkan kami dengan kalian pada hari kiamat, kemudian Dia akan memberi keputusan yang adil di antara kita. Allah memberi keputusan antara hamba-hamba-Nya dengan benar; Dia Maha Mengetahui siapa yang baik dan yang jahat, tidak ada dari mereka yang tersembunyi dari-Nya.” 
 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah 25

. قُل لَّا تُسْـَٔلُونَ عَمَّآ أَجْرَمْنَا (Katakanlah: “Kamu tidak akan ditanya (bertanggung jawab) tentang dosa yang kami perbuat) Yakni jika ibadah dan ketaatan kami bagi Allah adalah kejahatan maka kalian bukanlah orang yang bertanggung jawab atas kami. وَلَا نُسْـَٔلُ عَمَّا تَعْمَلُونَ(dan kami tidak akan ditanya (pula) tentang apa yang kamu perbuat) Yakni tidak akan menimpa kami mudharat akibat kekafiran dan keengganan kalian untuk menjawab seruanku. 
 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

 Wahai nabi, katakanlah kepada mereka: "Pada hari kiamat, kamu tidak ditanya tentang dosa yang kami perbuat. Kami juga tidak bertanya tentang apa yang kalian perbuat berupa kekufuran dan kemaksiatan. Ini adalah penyampaian prinsip tanggung jwab pribadi dengan melakukan percakapan yang lunak untuk mengurangi sifat keras kepala orang-orang musyrik
Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah 

Katakan kepada mereka wahai Nabi Allah : Setiap dari kami memiliki amalan yang akan ditanya Allah nanti : Dan kalian tidak akan ditanya tentang amalan-amalan kami dan tidak juga atas dosa-dosa kami serta kejahatan kami (jika memang hal tersebut ada pada kami), kami juga tidak tidak ditanya tentang amalan kalian, tidak juga menghukumi kalian dengannya, karena sesungguhnya setiap manusia dihukumi berdasarkan apa yang telah mereka perbuat dari dosa. 
An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

 Katakanlah, wahai nabi Muhammad, 'pada hari kiamat nanti kamu tidak akan dimintai tanggung jawab atas apa yang kami kerjakan jika kamu menganggap kami telah berbuat dosa karena beriman kepada Allah dan rasul-Nya, dan kami juga tidak akan dimintai tanggung jawab atas apa yang kamu kerjakan, yakni dosa kalian akibat durhaka kepada Allah. '(lihat juga: y'nus/10: 41)26. Katakanlah, wahai nabi Muhammad, 'pada hari kiamat, tuhan kita, Allah, akan mengumpulkan kita semua, kemudian dia memberi keputusan antara kita dengan benar dan adil. Dan dia yang maha pemberi keputusan secara adil, maha mengetahui keputusan yang tepat. '. 
 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar